Selasa, 23-Desember-2014
Follow Us:
Saradi Wantona
Nanggroe | 05/04/2013
Aceh Media
Banda Aceh - Psikolog Aceh, Kusuma Hatta mengatakan Aceh masih rentan terhadap tindakan kejahatan, seperti kekerasan seksual, perampokan bersenjatan dan pembunuhan. Perihal tersebut disampaikan oleh Kusuma Hatta, Jumat (5/4) dalam Talk Show di Rumoh PMI, Banda Aceh.

Menurutnya, berbagai permasalahan yang menimpa masyarakat itu akibat beban psikologis dan pengaruh media massa.

"Tindakan kriminal belakangan ini kerap terjadi di Aceh akibat pengaulan bebas dan pengaruh perkembangan media massa," ujar Kusuma

Kusuma menambahkan, dalam konteks psikologi, Aceh sudah lama dalam kondisi tertekan lebih dari 32 tahun berada dalam kondisi yang tidak kondusif, dengan demikian efeknya akan sangat berpengaruh. 

"Sebelumnya masyarakat sudah trauma sehingga secara psikologi banyak orang yang bertindak dipengaruhi akibat faktor trauma tersebut." sebutnya.

Sementara itu, wartawan senior Aceh, Muchtaruddin Yacob menilai, media massa juga berperan penting dalam menentukan sikap masyarakat.

"Karena media massa juga menyajikan hal - hal yang berbau kekerasan, baik dalam bentuk pemberitaan, maupun tontonan di televisi. Jadi kecenderungan seseorang itu akan melakukan imitasi atau peniruan dengan apa yang sudah dilihatnya," jelas Muchtaruddin.

Mantan ketua Aji Banda Aceh itu mengatakan media massa perlu dengan bijaksana menyajikan pemberitaannya.

"Bukan hanya sekedar fakta melainkan pihak media harus memilah terlebih dahulu mana yang bisa dijadikan berita untuk dibaca oleh masyarakat banyak," tutur Muchtaruddin

Mukhtaruddin juga berharap bagi pengelola media massa harus memerhatikan nilai pemberitaan itu sendiri, sehingga media massa benar-benar menjadi kontrol sosial bagi masyarakat umum.(Saradi Wantona)


Anda Pengunjung:
ALAMAT REDAKSI: JALAN HASAN DEK NO 102, BEURAWE, BANDA ACEH, PROVINSI ACEH :: EMAIL: REDAKSI@ACEHONLINE.INFO

Developed by Delta Intermedia for Aceh Online :: Tentang kami | Kontak Kami | Karir | DisclaimerAtas